IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Posted by AndryeanZ Sabtu, 01 Maret 2014 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Abstrak : Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dilihat dari standar nasional pendidikan yang menjadi acuan pengembangan kurikulum (KTSP),  tujuan pendidikan sebenarnya dapat dicapai dengan baik. Pembinaan karakter termasuk dalam materi yang harus diajarkan dan dikuasai serta direalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahannya, pendidikan karakter di sekolah selama ini baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, dan belum pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan menyimpang yang dilakukan siswa, seperti perkelahian, tawuran, demontrasi yang anarkis, dan penyalahgunaan narkoba membuat pendidikan karakter mendesak diterapkan di berbagai jenjang sekolah.


Kemendikbud mencanangkan penerapan pendidikan karakter pada semua jenjang pendidikan.Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah tidak diajarkan dalam mata pelajaran khusus, namun,dilaksanakan dalam keseharian pembelajaran yang sudah berjalan di sekolah. Pelajaran matematika diajarkan dalam semua jenjang sekolah. Untuk dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika diperlukan pemahaman tentang makna karakter, nilai-nilai karakter, dan hakekat matematika. Dimensi makna karakter dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari sisi dimensi karakter/hakekat matematika, karakter kegiatan pendidikan matematika yang meliputi karakter guru matematika dan karakter siswa belajar matematika, baik untuk contoh-contoh konkret maupun bentuk-bentuk idealnya.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Ditulis oleh AndryeanZ
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://andryeanzha-belajarmenghitung.blogspot.com/2014/03/implementasi-pendidikan-karakter-dalam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar